Minggu, 18 Februari 2018

Cara Mengetahui Software/driver Yang Belum Terinstall

Perlu kita ketahui, Software adalah perangkat lunak. disebut sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh secara fisik atau langsung oleh manusia, maka software atau Perangkat lunak bersifat kebalikannya yaitu tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun bisa dioperasikan.

Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.

Sistem operasi yang ada di komputer/laptop kita tidak akan pernah bisa menggunakan sumber daya perangkat keras (hardware) yang terdapat pada komputer tersebut.

Karenanya software (perangkat lunak) ini perannya sangat penting bagi kelangsungan kinerja komputer/laptop kita, biasanya para produsen selalu melengkapi produk-produknya dengan CD/DVD yang berisikan software komputer yang kita beli.

Kapan software ini diinstall?

Biasanya setelah selesai melakukan installasi Operating Sistem (OS) baik itu Windows dari microsoft, linux, atau Mac Os (Macintos Operating Sistem) dari Aple selanjutnya kita melakukan installasi driver/CD/DVD yang kita dapat pada saat membeli komputer/laptop guna mengoptimalkan kinerja perangkat keras yang ada. Ketika selesai proses installasi, tidak jarang software yang kita install tidak terpasang atau tidak berjalan sebagaimana yang kita harapkan. "Bisa jadi itu terlewat, atau juga karena memang software tersebut tidak cocok (not campatible) dengan perangkat keras yang terpasang".

Nah untuk melihat perangkat keras apa saja yang belum terinstall software'nya, Anda bisa mengikuti beberapa langkah sederhana di bawah ini.


Cara Cek Driver yang Belum Terinstall
Buka start menu, klik kanan pada My Computer lalu pilih device and printer, lalu klik kanan pada nama komputer/laptop, pilih properties, kemudian pilih hardware.




Atau dengan cara kedua yaitu
Buka start menu, klik kanan pada my computer lalu pilih manage,kemudian pilih device manager.





Bagaimana Cara Mengetahui software/Driver apa saja yang Belum Terinstall di Windows?
Perangkat yang belum terinstall software/ driver akan ditandai dengan tanda seru berwarna kuning.

Demikianlah cara mengecek driver yang belum terinstall pada Komputer/Laptop windows.

Salam Sukses
Semoga bermanfaat


#Update_Ilmu
#Upgrade_Ilmu
#tambah_ilmu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kata Bijak

kalo dipikir-pikir “Menjadi matahari dan lalu menyinari seisi alam” itu terlalu naif. untuk menjadi bintang dan memantulkan sedikit cahay...